keyboard_arrow_up

Detail News

Cara membersihkan sofa dan furnitur dengan bahan kain.
Jul 18, 2017
Cara membersihkan sofa dan furnitur dengan bahan kain.

Seringkali kita sebel melihat sofa dan furnitur kita yag berbahan kain kotor karena minuman/makanan yang tumpah dan meresap dalam hingga ke serat bahan sofa, sehingga menyebabkan noda. Sehingga untuk membersihkan sofa dan furnitur tersebut perlu mendapat perhatian kita.

Membersihkan sofa dan furnitur yang memiliki sarung pembungkus dengan bahan kain lebih mudah karena kita cukup memasukkan sarung tersebut ke dalam mesin cuci atau membawanya ke laundry. 

Hoffen Decor memiliki tips untuk melakukan perawatan tersebut. 

Untuk proses pembersihan noda kita bisa memilih 3 cara berikut ini

  • Menggunakan deterjen cair.

Pilihlah deterjen cair lembut untuk mencucinya. Caranya dengan mencampur sedikit deterjen dengan air hangat dan aduk rata untuk menghasilkan busa yang melimpah.

  • Menggunakan cuka

Cuka bisa menjadi alternatif untuk membersihkan noda pada sofa, dengan mengoleskan cuka tersebut pada noda. Setelah itu bilas permukaan sofa secara intensif dengan air sabun. Kemudian jemur ditempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

  • Tisu basah

Tisu basah dapat digunakan utk menyeka bagian sarung sofa yang kotor. Karena tisu basah mengandung bahan yang lembut sehingga tidak akan merusak sarung sofa.

Sebelum melakukan proses ini sebaiknya tes terlebih dahulu pada bagian kecil yang tersembunyi dan ikut aturan pakai dari produk tersebut.

CARA MEMBERSIHKAN SOFA

Kita bisa mencoba beberapa teknik untuk membersihkan furnitur berlapis kain. Berikut ini panduan dasarnya :

  1. Bersihkan debu dan kotoran

Bersihkan terlebih dahulu sofa atau furnitur kit dari kotoran dan debu dengan menggunakan lap atau kemoceng atau sikat dengan bulu halus atau alat penghisap debu agar tidak merusak bahan pelapis sofa.

  1. Tangani bercak-bercak noda

Kita dapat menggunakan kain microfiber (kanebo) atau tisu basah yang sudah dibasahi sedikit cuka untuk membersihkan noda. Setelah itu seka kain penutup sofa dengan kain microfiber yang dibasahi dengan deterjen secara perlahan dan diamkan beberapa saat supaya larutan deterjennya bekerja. Kain microfibernya dibuat lembap sehingga tidak membasahi sofa.

  1. Keringkan sofa

Kita dapat menggunakan pengering rambut untuk prose pengeringan, atau kita bisa membuka jendela sehingga angin masuk dapat mengeringkan secara alami.

CARA MERAWAT SOFA

Membersihkan sofa secara rutin bisa menyebabkan usia dari sofa atau furnitur kita lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Berikut tips dari kami untuk merawat sofa dan furnitur berbahan kain :

  • Segera bersihkan noda

Bersihkan noda apa pun pada permukaan sofa secepat mungkin. Noda yang baru baru terbentuk lebih mudah dihilangkan daripada noda lama yang sudah kering dan meresap ke dalam serat kain sofa.

  • Sedot debu min 1x / minggu 

Sedot debu pada sofa dan kursi paling tidak sekali dalam seminggu. Debu yang dibiarkan menumpuk, lama-kelamaan akan menjadi tanah setelah bercampur dengan kelembapan udara sehingga mengubah warna sofa Anda menjadi lebih gelap dan kusam.

  • Cuci min 2 bulan sekali

Kalau ada bagian-bagian sofa atau kursi yang dapat dilepas, cucilah secara rutin. Pasang kembali kain pembungkus sofa dan bantal sofa ketika masih agak lembap sehingga setelah kering, kain akan kembali mengikuti bentuk sofa.

sumber : www.cleanipedia.com